Friday, January 2, 2015

Nemu Indonesia

I used to be a people yang sukak mengingkari keindonesiaan diri dan sekitar. Semacam bukan tipikal orang yang “Indonesia wanna be”. Aku selalu nggak menganggap dan menolak sesuatu yang berbau Indonesia itu sebagai hal yang keren. Ya gitulah pokoknya. Apa apa yang asalnya atau itu seolah olah bukan dari Indonesia selalu yang lebih keren, setidaknya dulu gitu menurutku. Sampai akhirnya taraaa “I found my call” !! Aku jadi sadar sesuatu yang dulu aku anggap buruk yang ada di sekitar yang rasanya Indonesia banget yang aku gasuka itu duuh itu tu jadi keren banget. Bau bau keindonesiaan itu jadi wah alias dreamy alias cool karena aku tiba tiba berubah atau lebih tepatnya merubah sudut pandang.

Berubahnya sudut pandang tentang keindonesiaan ini kayanya garagara terpaksa ikut KKN mahasiswa pertengahan tahun lalu deh. Dua bulan, in the middle of nowhere Indonesia ketemu sama orang yang asing banget, ya walau ada temen kampus well tetep aja mereka orang asing karena aku juga baru pertama kali ketemu. Tempat KKN nya masih di Jawa sih, di Bojonegoro, di kecamantan Dander, di kelurahan Ngumpak Dalem, dusun Bogo, dusun Kedung rejo aduh mana pula itu nggak tau dan nggak tertarik buat tau. But there I found my call !!! Karena namanya tinggal jauh dari rumah apa apa mau gamau harus dijabanin, yang becek becakan di pasar laah, main ke kolam lele lah, makan sayur sayur aneh alias jejanganan yang dulunya aku nggak pernah doyan lah, jajan panganan kere macem bakso pentol lah, minum es rumput laut yang harganya cumin dua rebu,makan siomay seribuan, geronjal geronjalan naik motor, ngikut tabiran keliling kampung, nonton jathilan dangdut, syawalan tapi gelaran tiker depan rumah ewww. Tapi itu asiikkk ternyataaaaa!!!!!


Semenjak balik ke Jogja sekarang aku jadi sukak sama yang aku dulu nganggep jijik jijik yang itu tu Indonesia banget. Aku sekarang addicting sama pasar, bau bau sayur di pasar, makanan makanan di pasar, sayur sayur aneh, es es gapenting, jajanan kere pinggir jalan, benda benda gapenting macem cobek, ulekan, atau suthil kayu. Aku jadi suka foto fotoin dan tenyata itu akuu banget soalnya warna warni!! Malahan aku sampai koleksi piring ayam jago juga gara gara suka liat di makanan gerobak kaki lima. Aku jadi sukak gambar gambar ala pecel lele juga yang super norak itu. Terus kalau liat resort resort pantai yang temboknya kapur nggak di “lepo” yang cantik cantik itu, ya ampun rumah rumah di dusun Kedung Rejo kayak gitu juga kali ternyata cantik.Ternyata yang nggak jelas nggak jelas tentang Indonesia itu cool dan cantik in a natural way tanpa dibuat buat Oke jadi ini ceritanya aku back to my role, to my Indonesian soul I should have it many years ago. 



No comments: